Blog

INFORMASI PUBLIK

INFORMASI PUBLIK

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Survey IKM bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.     

Pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif berbasis dari kebutuhan masyarakat. Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Kepuasan masyarakat dapat juga dijadikan acuan bagi berhasil atau tidaknya pelaksanaan program yang dilaksanakan pada suatu lembaga layanan publik. Begitu pula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ambon juga melakukan survey IKM untuk melihat sejauh mana mutu pelayanan yang telah diberikan kepada pengguna layanan perijinan. Mutu Pelayanan dapat dilihat pada Tabel 1.

Mutu Pelayanan

 

A ( Sangat Baik)

88.31 – 100

B ( Baik )

76.61 – 88.30

C ( Kurang baik )

65.00 – 76.60

D (Tidak Baik )

25.00 – 64.99

    Tabel 1. Tabel Mutu Pelayanan

Unsur unsur pelayanan beserta nilai rata rata hasil survey yang telah dilakukan dapat dilihat pada Tabel 2. Nilai rata rata didapat dari 170 responden.

NO       UNSUR PELAYANAN NILAI RATA-RATA
U1 PERSYARATAN 3.4
U2 SISTEM, MEKANISME DAN PROSEDUR 3.32
U3 WAKTU PENYELESAIAN 3.06
U4 BIAYA/TARIF 3.14
U5 PRODUK SPESIFIKASI JENIS LAYANAN 3.54
U6 KOMPETENSI PELAKSANA 3.49
U7 PERILAKU PELAKSANA 3.66
U8 SARANA DAN PRASARANA 3.35
U9 PENANGANAN PENGADUAN, SARAN DAN MASUKAN    3.48

                           Tabel 2. Tabel Unsur Pelayanan dan Nilai yang dicapai

Setelah dikonversi IKM DPMPTSP Kota Ambon adalah 84.56. Pencapaian triwulan pertama ini menempatkan mutu pelayanan DPMPTSP Kota Ambon berada pada penilaian BAIK.

Related Posts

Copyrights © 2019 & All Rights Reserved by DPMPTSP Kota Ambon.